petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:www.kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

voucher pengguna baru lazada 25 ribu

bali gacor slot 685Jutaan kata 657239Orang-orang telah membaca serialisasi

《voucher pengguna baru lazada 25 ribu》

Polusi Makin Parah, Luhut Ingin Percepat Proyek Kendaraan Listrik******

Menkomarinves Luhut Panjaitan ingin mempercepat ekosistem kendaraan listrik imbas polusi udara yang makin buruk di DKI Jakarta.
Menkomarinves Luhut Panjaitan ingin mempercepat ekosistem kendaraan listrik imbas polusi udara yang makin buruk di DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan ingin mempercepat ekosistem kendaraan listrikimbas polusi udarayang makin buruk di DKI Jakarta.

Menurutnya, penyebab polusi udara di Jakarta saat ini adalah transportasi berbahan bakar bensin. Sehingga, solusinya adalah mengurangi penggunaan kendaraan tersebut.

"Sekarang kita sudah tahu, kendaraan itu, transportasi itu penyebab yang parah, karena emisi segala macam mobil motor itu. Nah itu kita percepat proses EV (Electric Vehicle)," ujarnya di Istana Negara, Jumat (1/9).

Saat ini pemerintah pun tengah memfinalisasi studi atau kebijakan yang sudah dilakukan untuk solusi penanganan polusi tersebut.

"Kita harapkan 10 hari ke depan atau paling lambat dua minggu kita sudah dapat anunya, detail anu apa saja yang menjadi penting," jelas Luhut.

Pemerintah memang tengah gencar-gencarnya memperluas ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Salah satunya dengan memberikan insentif bagi masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik.

Untuk motor listrik, pemerintah memberikan insentif sebesar Rp7 juta. Ini berlaku bagi konversi motor bensin ke listrik maupun pembelian baru.

Sedangkan, untuk pembelian mobil listrik, pemerintah memberikan diskon PPN sebesar 10 persen, sehingga hanya menjadi 1 persen.

[Gambas:Video CNN]



(dhf/ldy)

Susah Cari Kerja, Pemuda di China Pilih 'Mager' dan Digaji Orang Tua******

Banyak anak muda China memutuskan bekerja untuk keluarga alih-alih bersaing mendapatkan pekerjaan. Fenomena 'anak penuh waktu' ini mulai populer sejak 2022.
Banyak anak muda China memutuskan bekerja untuk keluarga alih-alih bersaing mendapatkan pekerjaan. Fenomena 'anak penuh waktu' ini mulai populer sejak 2022. Ilustrasi. (AFP/JADE GAO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Litsky Li, seorang fotografer terpaksa beralih profesi setelah menerima tawaran yang lebih baik. Ia memutuskan berhenti bekerja dan menjadi salah satu dari sekian banyak anak muda China yang dibayar oleh keluarga mereka untuk tinggal di rumah.

Li yang kini berusia 21 tahun, menghabiskan waktunya berbelanja bahan makanan untuk keluarganya di kota tengah Luoyang dan merawat neneknya yang mengalami demensia. Orang tuanya membayarnya dengan gaji sebesar 6.000 yuan atau setara US5 per bulan. Besaran upah itu setara dengan gaji kelas menengah di daerahnya.

"Alasan mengapa saya berada di rumah adalah karena saya tidak tahan dengan tekanan untuk pergi ke sekolah atau bekerja," kata Li, lulusan SMA seperti dikutip dari CNN.com, Kamis (27/7).

Frasa itu muncul untuk menggambarkan bahwa mereka kembali pulang karena tidak bisa mendapatkan pekerjaan.

Laporan CNN Business mengungkap angka pengangguran di China untuk usia 16 hingga 24 tahun di daerah perkotaan naik hingga 21,3 persen pada Juni 2023. Angka itu adalah rekor tertinggi.

Tingkat pengangguran pemuda telah menjadi salah satu tantangan besar selain konsumsi domestik yang lemah, penarikan diri industri swasta, dan pasar properti yang berjuang, bagi kepemimpinan China ketika pemulihan pasca-covid negara ini redup.

Masalah tersebut mungkin jauh lebih besar dari yang diindikasikan oleh data resmi.

Lihat Juga :
Luhut soal Pengusaha Keberatan Devisa Diparkir di RI: Mereka Tak Paham

Profesor Universitas Peking Zhang Dandan menulis dalam sebuah opini pekan lalu untuk media berita Caixin bahwa jika 16 juta pemuda tinggal di rumah atau mengandalkan orang tua mereka juga dihitung, dan tidak aktif mencari pekerjaan, maka tingkat pengangguran sebenarnya mencapai 46,5 persen pada Maret.

Sosiolog mengatakan pengalaman traumatis China dengan langkah-langkah pandemi yang ketat telah berkontribusi pada jumlah orang muda yang secara radikal mempertimbangkan kembali tujuan hidup mereka dan orang tua yang mendukung mereka.

"Mental dan psikologis, orang di daratan China masih pulih dari pandemi covid-19," kata Fang Xu, seorang dosen tetap di Universitas California Berkeley.

"Saya percaya keinginan untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang dicintai, kontemplasi tentang makna hidup atau apa yang paling penting dalam hidup masih ada," tambahnya.

Tren "anak-anak profesional" juga merupakan tanda bahwa para pemuda menghadapi peluang yang semakin berkurang dalam ekonomi yang sebelumnya telah berkembang pesat selama beberapa dekade, memperkaya generasi yang kini mendukung generasi muda.

Lihat Juga :
Luhut Pede Wajib Parkir Dolar Dongkrak Cadangan Devisa RI Jadi US0

Setelah awal tahun ini dimulai dengan kegiatan yang cukup aktif, pemulihan ekonomi China telah melambat dan keyakinan bisnis tetap lemah.

Sektor swasta, tulang punggung ekonomi dan sumber lapangan kerja terbesar, telah terkena dampak keras dari penindakan regulasi yang meluas sejak akhir 2020.

Ya-wen Lei, seorang profesor sosiologi di Universitas Harvard, berharap fenomena anak-anak profesional ini tidak akan bertahan lama.

"Dukungan yang mereka terima dari orang tua mereka dalam konteks ini tidak mengherankan, karena banyak orang tua di China membantu anak-anak mereka dengan berbagai aspek kehidupan, seperti perumahan, biaya pernikahan, dan pengasuhan anak," katanya. 

Lihat Juga :
Mendag Jamin RI Tak Impor Garam Lagi Usai Diprotes Petani Madura

Namun, Peneliti China Centre di Universitas Oxford dan Universitas SOAS London George Magnus mengatakan ini bukanlah solusi yang layak untuk masalah pekerjaan di China.

"Ini mungkin menjadi solusi jangka pendek agar mereka memiliki tempat tinggal, pekerjaan, dan pendapatan keluarga sebagai tukar menukar," katanya.

Tetapi jika para pemuda tidak berada di pasar tenaga kerja untuk memperoleh keterampilan dan mencari peluang yang lebih baik, mereka kemudian dapat menjadi sulit dipekerjakan.

"Baik karena sudah lama menganggur, atau karena tidak berhasil mempertahankan keterampilan dan pelatihan yang diperlukan," kata Magnus.

"Ini adalah kondisi di mana gangguan jangka pendek, misalnya, di pasar tenaga kerja, menjadi permanen," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

Daftar Senjata yang Masih Diimpor RI Meski Sudah Dilarang Jokowi******

Indonesia masih impor sejumlah senjata yang sebelumnya dilarang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Senjata itu misalnya, pistol, bom sampai alutsista.
Indonesia masih impor sejumlah senjata yang sebelumnya dilarang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Senjata itu misalnya, pistol, bom sampai alutsista. (Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indonesia masih imporsejumlah senjata yang sebelumnya dilarang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Misalnya, pistol, bom sampai alutsista.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diperoleh CNNIndonesia.com,Selasa (15/8), ada tujuh jenis senjata yang masih diimpor pada periode Januari-Juli 2023.

Berikut daftarnya;

2. Bom

Kelompok senjata ini meliputi bombs, grenades, torpedoes, mines, missiles, and similar munitions of war and parts thereof. Sebenarnya pada Februari, Maret, dan Mei 2023 tidak ada impor.

Sedangkan pada April 2023 tercatat senjata impor jenis ini masuk US,2 juta, Juni 2023 meroket hingga US,3 juta, dan Juli 2023 turun setengahnya ke angka US,1 juta.

3. Amunisi

Impor kategori antara lain; other ammunition and projectiles and parts thereof, including shot and cartridge wads. Pada Maret lalu sebenarnya impor amunisi ini nihil.

Kendati, impor alat utama sistem senjata (alutsista) jenis ini meningkat menjadi US,2 juta pada April 2023, US,3 juta di Mei 2023, turun ke US2 ribu pada Juni 2023, dan naik lagi ke US8 ribu pada Juli 2023.

4. Alutsista

Berdasarkan data BPS, Alutsista yang diimpor jenis shotgun cartridges. Sebenarnya pada Mei lalu nilai impor senjata ini nol. Akan tetapi, angka impornya pada Maret 2023 menyentuh US ribu, April 2023 US5 ribu, Juni 2023 US.337, dan Juli 2023 membengkak ke US juta.

5. Kelompok spring or gas guns and pistols, excluding arms of heading 9307.

Rinciannya, per Maret 2023 Indonesia mengimpor US ribu, naik ke US ribu di April, turun menjadi US ribu pada Mei, melesat ke US,4 juta di Juni, dan merosot ke US,5 juta pada bulan lalu.

[Gambas:Video CNN]

6. Alutsista jenis lainnya

BPS mencatat total impor kumulatif sejak Januari-Juli 2023 sebesar US,2 juta. Nilai impor tertinggi terjadi pada Juli 2023 lalu sebesar US,7 juta.

Jika dilihat berdasarkan negara asal, Korea Selatan menjadi pemasok alutsista terbanyak ke Indonesia dalam enam bulan ini, yakni mencapai US juta. Bahkan, Indonesia tak pernah absen mengimpor senjata dan amunisi dari Negeri Ginseng.

Negara terbanyak kedua adalah China dengan total ekspor senjata ke Indonesia senilai US,1 juta sejak awal 2023. Namun, Indonesia sempat sama sekali tak mengimpor alutsista dari Negeri Tirai Bambu pada Februari lalu.

Kemudian, ada Amerika Serikat senilai US juta, Afrika Selatan US,6 juta, dan Spanyol sebesar US juta. Sedangkan nilai transaksi impor alutsista Indonesia dengan negara pemasok lainnya menyentuh US juta.

Lihat Juga :
Jokowi Umumkan Kenaikan Gaji PNS Besok

Namun, data BPS itu tidak mencantumkan K/L mana yang mengimpor senjata dan amunisi tersebut, apakah Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Polri, atau stakeholder terkait lain.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bolak balik telah menegaskan industri dalam negeri sudah bisa memproduksi senjata.

Oleh karena itu, ia melarang Kemenhan hingga Polri mengimpor senjata dan hanya memperbolehkan impor senjata berteknologi tinggi, seperti pesawat tempur.

"Kalau yang canggih-canggih, silahkan. Kalau mau beli pesawat tempur, karena kita belum bisa. Kalau senjata, peluru, kita sudah bisa, apalagi hanya sepatu. Kenapa harus beli dari luar?" ujar Jokowi pada pembukaan Penghargaan P3DN 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/3).

Lihat Juga :
Erick Thohir Ungkap 3 Biang Kerok Polusi Jakarta Tinggi
(skt/ldy)




bab terbaru:rtp lapak pusat

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
cara dapetin uang di telegram
voucher alfamidi
buku mimpi 3d bergambar percobaan
pascol4d 4d
limit cicilan kredivo tidak bisa dipakai
geo138
paito vietnam
slot vip online
pinjaman online terbaik dan tercepat
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara dapat uang cepat dan halal tanpa modal
Bab 2 togel lengkap
Bab 3 dewa29
Bab 4 togel sgp hari ini
Bab 5 cara mengisi kuota voucher telkomsel
Bab 6 dewtogel
Bab 7 game slot online paling mudah menang
Bab 8 cara mendapatkan koin di hago
Bab 9 slot spin gacor
Bab 10 slot paling gacor di indonesia
Bab 11 hokiplay
Bab 12 rolet303 demo
Bab 13 bola gacor
Bab 14 holywin303
Bab 15 situs bonus 25 25
Bab 16 hoki365
Bab 17 situs slot warung
Bab 18 petir777
Bab 19 link slot gacor 2022
Bab 20 maxwin artinya
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7700bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Novel Mo Ji Jiu Yao

tafsir mimpi 12
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Perdana Menteri China Li Qiang akan menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung siang ini.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Perdana Menteri China Li Qiang akan menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung siang ini. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan InvestasiLuhut Binsar Panjaitan bakal mengajak Perdana Menteri China Li Qiang menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) siang ini pukul 13.00 WIB.

"Nanti siang ini saya coba, jam 1 (13.00 WIB)," katanya di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).

Namun, saat ditanya soal rute uji coba apakah akan sampai Stasiun KCJB Tegalluar, Luhut menyebut tidak akan sejauh itu.

Akan tetapi, Luhut tidak memastikan apakah uji coba bersama PM China itu akan sampai stasiun mana. Apakah hanya sampai Stasiun KCJB Karawang atau Padalarang.

Rencana uji coba ini sudah dibongkar Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Roeslani. Namun, ia mengatakan waktunya masih tentatif.

Sementara itu, KCJB rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 1 Oktober 2023.



Sebelum peresmian, uji coba memang terus dilakukan sampai akhir bulan ini. Ini dilakukan untuk memastikan saat pengoperasian bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengusulkan harga tiketnya sekitar Rp250 ribu sampai Rp350 ribu untuk sekali perjalanan. Kendati, sampai saat ini hal tersebut masih sebatas wacana yang belum difinalkan.

Pemerintah masih menghitung harga yang tepat untuk tiket KCJB. Diharapkan harga yang nanti dipatok tidak terlalu memberatkan masyarakat maupun APBN.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Tiba di pegadaian besar atas nama menjadi yang terkuat

cairkan dana kredivo
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meminta maaf atas gangguan pada operasional LRT Jabodebek pada pagi ini, Rabu (30/8).
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meminta maaf atas gangguan pada operasional LRT Jabodebek pada pagi ini, Rabu (30/8). Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAImeminta maaf atas gangguan pada operasional LRT Jabodebek pada pagi ini, Rabu (30/8).

"Kami mohon maaf atas gangguan yang terjadi pada perjalanan LRT hari ini dan mengakibatkan kekurangnyamanan bagi pengguna jasa LRT Jabodebek," kata Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo dalam keterangan tertulis.

Kuswardoyo mengatakan ada dua gangguan yang dialami oleh transportasi itu. Pertama, terkait pintu kereta yang tak bisa menutup. Kondisi itu kemudian berdampak pada perjalanan kereta lainnya.

"Perawatan sarana LRT hingga saat ini masih di bawah tanggung jawab INKA, sehingga kami mengkoordinasikan penanganan sarana tersebut dengan tim INKA," kata Kuswardoyo dalam keterangan tertulis.

Kemudian gangguan kedua terkait listrik yang padam di Stasiun Halim akibat masalah pada pembangkit listrik LRT atau Traction Power Supply Substantion (TPSS). Namun, saat ini kondisi telah kembali normal dan KAI telah berkoordinasi dengan PT Adhi Karya yang bertanggung jawab akan TPSS tersebut.

"Koordinasi dengan semua stakeholder terus kami lakukan agar operasional LRT Jabodebek bisa berjalan dengan baik," tutup Kuswardoyo.

Mengutip detikcom, LRT Jabodebek mengalami gangguan di jalur Bekasi. Operasional LRT mandek di Stasiun Cikunir 2 dan dan membuat perjalanan sempat tertahan.

Akibatnya, pintu kereta terbuka dan lama menutup. Lalu pendingin ruangan alias air conditioner (AC) tidak berfungsi.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Tuhan Surgawi yang Agung

main internet dapat uang
Habis gajian mau belanja elektronik? Belinya di Transmart Full Day Sale hari ini, Selasa (29/8) ya karena ada diskon gede-gedean!
Habis gajian mau belanja elektronik? Belinya di Transmart Full Day Sale besok, Selasa (29/8) ya karena ada diskon gede-gedean! (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Habis gajian mau belanja elektronik? Belinya di Transmart Full Day Sale aja karena ada diskon gede-gedean sampai 50 persen.

Apalagi kalau kamu bayarnya pakai Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah, ada diskon tambahan lagi 20 persen!

Lihat Juga :
Kejutan Transmart Gak Abis-abis, Full Day Sale Ada Lagi 29 Agustus

Transmart Full Day Sale ini cuma berlangsung satu hari pada hari ini, Selasa (29/8).

  • LED TV 50" UHD Smart merek LG, Polytron, Sony, Sharp, Samsung, harga diskon mulai Rp4,9 jutaan dari harga normal Rp7,9 jutaan.
  • LED TV 65" UHD Smart merek LG, Polytron, Sony, Sharp, Samsung, harga diskon mulai Rp7,6 jutaan dari harga normal Rp11 jutaan.
  • Kulkas side by side 450L, harga diskon mulai dari Rp7,8 jutaan dari harga normal Rp11 jutaan.
  • AC Split 1 PK, harga diskon mulai Rp3 jutaan dari harga normal Rp4,1 jutaan, bonus pipa dan instalasi standar.

Selain produk elektronik yang disebutkan di atas, masih ada banyak kategori produk lain yang didiskon besar-besaran, loh. Mulai dari sembako, furnitur, fesyen, sampai mainan anak.

Jangan lupa bayarnya menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah supaya bisa puas merdeka belanja beli sekarang bayar belakangan.

Kamu bisa unduh gratis aplikasi Allo Bank di Google Play Store atau Apps Store. Lalu upgradeakunnya ke Allo Prime untuk mengaktifkan Allo Pay Later.

Jika belum punya kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah, bisa datang langsung ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart terdekat.

Atau bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah di kantor cabang terdekat di kota kamu.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini. Cus, merapat ke Transmart terdekat untuk belanja elektronik dan produk lain sepuasnya di periode Transmart Full Day Sale yang cuma digelar satu hari aja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

1970-an, agak manis

situs slot gacor minggu ini
BPS mencatat neraca dagang Indonesia tekor US1 juta atau setara Rp9,5 triliun (asumsi kurs Rp15.329 per dolar AS) dari China per Juli 2023.
BPS mencatat neraca dagang Indonesia tekor US1 juta atau setara Rp9,5 triliun (asumsi kurs Rp15.329 per dolar AS) dari China per Juli 2023. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang Indonesia tekor US1 juta atau setara Rp9,5 triliun (asumsi kurs Rp15.329 per dolar AS) dari Chinaper Juli 2023.

Padahal, neraca dagang Indonesia mencatat surplus US,31 miliar atau setara Rp20 triliun bulan ini. Namun, surplus 39 bulan berturut-turut sejak Mei 2020 ini lebih rendah dibandingkan realisasi bulan lalu yang tembus US,45 miliar.

"Indonesia mengalami defisit perdagangan dengan beberapa negara, tiga terdalam di antaranya adalah dengan China defisit sebesar USJokowi: RI Bisa Masuk 5 Besar Negara Ekonomi Terkuat Dunia******

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar masuk dalam lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar masuk dalam lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Medan, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar masuk dalam lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

"Saya berkali-kali menyampaikan bahwa negara kita ini memiliki potensi yang sangat besar. Dengan potensi yang kita miliki, bisa kita ini masuk lima besar ekonomi terkuat dunia," kata Jokowi saat pembukaan Rakernas Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Medan, Sabtu (19/8).

Lihat Juga :
Jokowi: Ada yang Tanya ke Saya, RI Dapat Apa dari Hilirisasi Nikel?

Jokowi mengingatkan saat ini sudah 96 negara masuk menjadi pasien Dana Moneter Internasional (IMF). Kondisi tersebut menggambarkan perekonomian global yang masih dalam masa sulit.

"Supaya kita tahu semuanya saat ini sudah 96 negara masuk jadi pasien IMF, 96 negara. Mengerikan tapi itulah fakta," katanya.

"Negara negara di Uni Eropa memikirkan pertumbuhan ekonomi, yang namanya inflasi itu sudah sangat pusingnya, kalau kondisinya kita melihat betul seperti itu," ujar Jokowi menambahkan.

Lihat Juga :
Pengusaha Ritel Ancam Buat Minyak Goreng Langka Lagi

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar masyarakat tetap bersatu dan mampu bersinergi menuju Indonesia maju.

"Kemudian antar masyarakat sendiri tidak bersatu tidak kompak bagaimana pemimpin bisa menyelesaikan masalah atau problem yang ada. Bersatu itu bukan hanya sekedar tidak bertengkar tapi lebih dari itu. Bersatu itu mampu bergerak bersama, mampu bersinergi bersama dalam meraih visi Indonesia maju yang kita cita-citakan," katanya.

(fnr/fra)

[Gambas:Video CNN]
,6 miliar, Australia USTumbuh 4,88 Persen, Industri Manufaktur Jadi Penopang Laju Ekonomi RI******
Pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,17 persen (year on year/yoy) pada kuartal II 2023 utamanya ditopang oleh kinerja industri manufaktur.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,17 persen (year on year/yoy) pada kuartal II 2023 utamanya ditopang oleh kinerja industri manufaktur. Ilustrasi. (Joko Sulistyo).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatpertumbuhan ekonomi Indonesia 5,17 persen (year on year/yoy) pada kuartal II 2023 utamanya ditopang oleh kinerja industri manufaktur.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Edy Mahmud mengatakan ekonomi manufaktur secara total tumbuh 4,88 persen (yoy).

"Pertumbuhan ekonomi manufaktur itu lebih ditopang oleh masih kuatnya permintaan domestik maupun global," ucapnya dalam konferensi pers, Senin (7/8).

Lalu, industri logam dasar tumbuh sebesar 11,49 persen. Pencapaian ini didorong oleh peningkatan permintaan ekspor komoditas baja dan feronickel. Kemudian, industri alat angkutan tumbuh 9,66 persen, didorong oleh peningkatan permintaan domestik dan luar negeri, terutama kendaraan elektrifikasi ramah lingkungan.

Selain kinerja industri manufaktur, pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II 2023 juga ditopang oleh sektor perdagangan.

"Di sektor perdagangan, pertumbuhan perdagangan terutama ditopang oleh peningkatan aktivitas produk," ucap Edy.

BPS mencatat perdagangan besar dan eceran, bukan mobil dan sepeda motor tumbuh 4,97 persen. Capaian ini didorong oleh peningkatan aktivitas produksi, konsumsi, dan mobilitas masyarakat.

Sedangkan, perdagangan mobil, sepeda motor, dan reparasinya tumbuh sebesar 6,56 persen. Ini didorong oleh peningkatan penjualan mobil dan sepeda motor.

Selanjutnya, sektor yang menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah transportasi dan pergudangan. Sektor ini tumbuh solid seiring peningkatan mobilitas masyarakat.

Tercatat, angkutan udara tumbuh 32,88 persen, didorong oleh peningkatan jumlah penumpang angkutan udara seiring peningkatan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Angkutan laut tumbuh 18,26 persen, didorong oleh peningkatan jumlah penumpang dan barang. Sementara, angkutan rel tumbuh 19,4 persen, didorong oleh peningkatan jumlah penumpang dan barang sejalan dengan peningkatan mobilitas setelah penghapusan PPKM di akhir tahun 2022 dan momen liburan.

"Banyak sekali momen liburan di 2023, di kuartal II terutama saat Lebaran maupun libur sekolah," pungkas Edy.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr),5 miliar, dan Jerman US<句子>,5 miliar," ungkap Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers di kantornya di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (15/8).

Bahkan, tekor dagang Indonesia dari China ini meningkat jika dibandingkan bulan lalu yang hanya sebesar US9,5 juta. Namun, catatan Juli 2023 masih lebih rendah ketimbang bulan sama di tahun lalu, di mana defisit dagang dengan China menyentuh US4,1 juta.



Di lain sisi, tiga negara penyumbang surplus terbesar Indonesia pada bulan ini adalah India sebesar US,3 miliar, Amerika Serikat (AS) US,1 miliar, dan Filipina US0 juta.

"Surplus terbesar yang dialami dengan India karena didorong komoditas lemak dan minyak hewan nabati terutama crude palm oil (CPO), bahan bakar mineral terutama batu bara, dan juga besi baja," tutup Amalia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Elang Arad

parisklub

Alam Dewa Kegelapan

rtp agus