petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:www.kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

aplikasi kredit barang

erek erek pengacara 419Jutaan kata 439024Orang-orang telah membaca serialisasi

《aplikasi kredit barang》

Emil Salim: Perhubungan dan Pariwisata Kunci Persatuan Indonesia******

Menteri Perhubungan Kabinet Pembangunan 1973-1978 Emil Salim membagikan pesan peran strategi sektor perhubungan dalam mempersatukan Indonesia.
Emil Salim (paling kiri), bersama para Mantan Menteri Perhubungan menerima penghargaan atas kontribusinya dalam pelayanan perhubungan di Tanah Air dalam acara Hub Space x KAI Expo 2023. (Foto: Detikcom/Andika Prasetia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Kabinet Pembangunan 1973-1978, Emil Salim, mengingatkan pentingnya pembangunan infrastruktur perhubungan dan pengembangan sektor pariwisata untuk mempersatukan Indonesia. Pesan ini disampaikannya dalam acara Hub Space x KAI Expo 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (29/9).

Dia pun bercerita sejarah dan tantangan dalam membangun sistem perhubungan yang menyatukan seluruh negeri. Ia mengungkapkan, pada lima puluh tahun yang lalu Presiden Soeharto memberikan tugas untuk mempersatukan Indonesia melalui perhubungan.

"Lima puluh tahun yang lalu Bapak Soeharto memberikan tugas mempersatukan tanah air Indonesia melalui perhubungan, tugas itu kami terjemahkan di dalam membangun satu sistem komplikasi satelit domestik yang bisa menghubungkan Jakarta sebagai Ibu Kota Negara dengan seluruh penjuru tanah air," ujarnya seperti dikutip dari detikcom, Jumat (6/10).

Kemudian, tugas berikutnya adalah menjadikan udara sebagai faktor pemersatu, yang mencakup upaya mengembangkan kapal udara perintis di wilayah Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan harapan dapat mencapai daerah terpencil.

Selain itu, Emil Salim juga menekankan pentingnya menjaga karakter bangsa dalam pengembangan sektor pariwisata, sesuai dengan permintaan Soeharto. Ini melibatkan penerapan konsep Tri Hita Karana.

"Pariwisata harus menjaga Tri Hita Karana, yaitu hubungan yang utuh antara Tuhan, lingkungan, dan manusia. Hubungan ketiga ini tidak boleh rusak oleh pariwisata," tegasnya.

Pada akhir sambutannya, Emil Salim berterima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam bidang perhubungan dan berharap agar mereka diberikan kesuksesan oleh Tuhan.

Ia juga mendorong agar Kementerian Perhubungan tidak hanya menjadi departemen teknis yang mengurus hal-hal teknis, tetapi juga menjadi alat pemersatu wilayah Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Emil sambil mengingatkan refleksi penting tentang peran pembangunan infrastruktur dalam menyatukan Indonesia yang beraneka ragam, sesuai dengan permintaan Presiden Soeharto, yang tetap relevan hingga saat ini.

Sebagai informasi, sambutan Emil Salim tersebut terjadi dalam kesempatan rangkaian acara apresiasi penghargaan dedikasi kepada Menteri Perhubungan dari masa ke masa yang telah berkontribusi dalam pelayanan perhubungan di Tanah Air. Penghargaan tersebut dipersembahkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

(rir/rir)

3 Bahaya Mengintai Usai UU Izinkan Investor Kuasai Lahan IKN 190 Tahun******

Pengamat menyebut izin investor menguasai tanah di IKN hingga 190 tahun membuktikan pemerintah panik tak ada investor yang mau menanam uang di proyek itu.
Pengamat menyebut kebijakan pemerintah dan DPR melalui UU IKN baru yang memberi izin investor menguasai tanah di Ibu Kota Baru hingga 190 tahun membuktikan pemerintah panik tak ada investor yang mau menanam uang di proyek itu. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Revisi undang-undang(UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN) resmi disahkan pada Selasa (3/10).

Salah satu poin yang diatur yakni hak atas tanah investor di IKN.

Dalam pasal 16 A salinan revisi UU IKN yang diterima CNN Indonesia, investor diberikan hak atas tanah berbentuk hak guna usaha (HGU) hingga 190 tahun.

Hak tersebut diberikan dalam dua siklus. Pertama, jangka waktu paling lama 95 tahun.

Setelah siklus pertama selesai dan investor mau bertambah lagi, hak itu bisa diperpanjang untuk siklus kedua dengan masa yang sama.

Adapun untuk perpanjangan dan pembaharuan HGU dapat diberikan sekaligus setelah lima tahun HGU digunakan dan dimanfaatkan secara efektif sesuai dengan tujuan pemberian haknya.

Selain itu, dalam tenggang waktu 10 tahun sebelum HGU siklus pertama berakhir, pelaku usaha dapat mengajukan permohonan pemberian kembali HGU untuk siklus kedua dengan jangka waktu paling lama 95 tahun lagi, sesuai dengan perjanjian pemanfaatan tanah seperti sebelumnya.

Lihat Juga :
Kronologi Mentan 'Hilang' Usai Diisukan Jadi Tersangka Korupsi

Lantas bisakah pemberian HGU hingga 190 tahun bisa menarik minat investor ke IKN?

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan pemberian HGU hingga 190 tahun merupakan hal yang sangat tak biasa. Menurutnya, rata-rata konsesi dalam bentuk HGU biasanya maksimal 100 tahun.

Bahkan di China, HGU untuk residensial proyek seperti apartemen hanya 70-90 tahun. Sedangkan konsesi HGU untuk pabrik biasanya maksimal hanya 50-60 tahun.

Di Indonesia, lanjut Ronny, biasanya juga berlaku HGU dengan rentang waktu seperti itu. Misalnya konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang awalnya 50 tahun menjadi 80 tahun.

Lihat Juga :
UU IKN Baru: Investor Bisa 'Kuasai' Lahan di IKN Sampai 190 Tahun

"Jadi memang tak biasa konsesi HGU di IKN tersebut. Meskipun begitu, semuanya toh kembali kepada pemerintah karena wewenang pemberian konsesi HGU memang ada di tangan pemerintah," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Ronny mengatakan yang menjadi persoalan adalah apa motivasi pemerintah di balik kebijakan pemberian HGU hingga 190 tahun. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran return of investmentdi IKN yang diperkirakan akan sangat lama karena kawasannya benar-benar dimulai dari nol.

Ia memandang pengusaha dan investor tampaknya baru bisa mendapatkan return of investmentyang optimal jika HGU-nya di atas 100 tahun.

Di sisi lain, IKN sudah terlanjur digadang-gadang sebagai mega proyek yang akan menjadi warisan Presiden Jokowi.

Lihat Juga :
Jokowi Ungkap 3 'Bonus' Bagi PNS yang Mau Pindah ke IKN

"Sehingga untuk tetap membuat pengusaha dan investor tertarik untuk ikut menanam modal di IKN, HGU nya diperpanjang agar IKN menjadi atraktif untuk berinvestasi," katanya.

Pemberian HGU hingga 190 tahun juga ia nilai bisa menguntungkan pemerintah karena akan menarik investor. Namun, kebijakan itu juga bisa membawa kerugian.

Pertama, pemerintah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pendapatan dari perpanjangan konsesi HGU. Kedua, pemerintah semakin lama kehilangan wewenang penuh atas kawasan yang telah dikuasai investor karena waktu HGU-nya terlalu panjang.

"Artinya pemerintah kehilangan kesempatan untuk memonetisasi kawasan tersebut setelah 100 tahun, karena jatah HGU ternyata 190 tahun," kata Ronny.

Lihat Juga :
Revisi UU IKN: Ada Aturan Anyar soal Utang Untuk Proyek Ibu Kota Baru

Kemudian kerugian ketigaadalah investor akan berpeluang mengeksploitasi kawasan IKN untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu yang sangat lama, bahkan bisa tiga generasi.

Ronny pun meragukan pemberian HGU hingga 190 tahun bisa membuat investor ramai-ramai menanamkan modal di IKN. Memang, ada investor yang akan tertarik dengan HGU yang panjang. Namun biasanya mereka akan meminta banyak insentif dan kemudahan regulasi.

"Sementara tak semua investor mencari HGU panjang. Sebagian investor justru menginginkan peluang return of investmentyang cepat dan pasarnya pasti, tidak terlalu dimulai dari nol," katanya.

Sementara itu, Direktur Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira mengatakan pemberian HGU hingga 190 tahun merupakan kebijakan yang berlebihan. Kebijakan itu dinilai bisa membuat pemerintah tidak memiliki kendali terhadap pemanfaatan lahan selama izin HGU diberikan kepada investor.

"Bayangkan saja, mau mengubah tata ruang dan pemanfaatan wilayah saja tunggu siklus yang sangat lama sampai HGU habis," katanya.

Lihat Juga :
Jokowi Sebut Kata 'Bodoh' Karena APBN-APBD Dipakai Beli Produk Impor

Dampak lainnya adalah pemanfaatan lahan IKN yang seharusnya bisa melibatkan masyarakat lokal menjadi terbatas. Hal itu, lanjut Bhima, menjadi kontradiksi dengan upaya reforma agraria karena terjadi konsentrasi aset lahan pada segelintir investor IKN.

Bhima juga meragukan upaya pemberian HGU selama 190 tahun bisa menarik minat investor. Ia justru khawatir investor yang sudah diberikan izin HGU, malah tidak menggarap lahannya. Sehingga yang terjadi hanya sekedar spekulasi properti saja.

Di sisi lain, ia melihat investor bisa saja menganggap IKN merupakan proyek penuh risiko tinggi sehingga HGU-nya sampai 190 tahun.

"Kalau proyeknya menarik secara komersial buat apa ada obral HGU sampai selama itu? Justru waktu proposal IKN ditawarkan ke investor timbul tanda tanya. Berarti HGU 190 tahun artinya, horizon keuntungan investor kan sangat panjang sekali ya. Itu persepsi yang ada di benak investor terutama dari negara maju," katanya.

Lihat Juga :
INFOGRAFIS: Daftar Investor yang Siap Bantu Jokowi Bangun IKN

Bukti Panik Tak Ada Investor Tertarik Masuk IKN

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

3 Bahaya Mengintai Usai UU Izinkan Investor Kuasai Lahan IKN 190 Tahun******

Pengamat menyebut izin investor menguasai tanah di IKN hingga 190 tahun membuktikan pemerintah panik tak ada investor yang mau menanam uang di proyek itu.
Pengamat menyebut kebijakan pemerintah dan DPR melalui UU IKN baru yang memberi izin investor menguasai tanah di Ibu Kota Baru hingga 190 tahun membuktikan pemerintah panik tak ada investor yang mau menanam uang di proyek itu. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Revisi undang-undang(UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN) resmi disahkan pada Selasa (3/10).

Salah satu poin yang diatur yakni hak atas tanah investor di IKN.

Dalam pasal 16 A salinan revisi UU IKN yang diterima CNN Indonesia, investor diberikan hak atas tanah berbentuk hak guna usaha (HGU) hingga 190 tahun.

Hak tersebut diberikan dalam dua siklus. Pertama, jangka waktu paling lama 95 tahun.

Setelah siklus pertama selesai dan investor mau bertambah lagi, hak itu bisa diperpanjang untuk siklus kedua dengan masa yang sama.

Adapun untuk perpanjangan dan pembaharuan HGU dapat diberikan sekaligus setelah lima tahun HGU digunakan dan dimanfaatkan secara efektif sesuai dengan tujuan pemberian haknya.

Selain itu, dalam tenggang waktu 10 tahun sebelum HGU siklus pertama berakhir, pelaku usaha dapat mengajukan permohonan pemberian kembali HGU untuk siklus kedua dengan jangka waktu paling lama 95 tahun lagi, sesuai dengan perjanjian pemanfaatan tanah seperti sebelumnya.

Lihat Juga :
Kronologi Mentan 'Hilang' Usai Diisukan Jadi Tersangka Korupsi

Lantas bisakah pemberian HGU hingga 190 tahun bisa menarik minat investor ke IKN?

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan pemberian HGU hingga 190 tahun merupakan hal yang sangat tak biasa. Menurutnya, rata-rata konsesi dalam bentuk HGU biasanya maksimal 100 tahun.

Bahkan di China, HGU untuk residensial proyek seperti apartemen hanya 70-90 tahun. Sedangkan konsesi HGU untuk pabrik biasanya maksimal hanya 50-60 tahun.

Di Indonesia, lanjut Ronny, biasanya juga berlaku HGU dengan rentang waktu seperti itu. Misalnya konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang awalnya 50 tahun menjadi 80 tahun.

Lihat Juga :
UU IKN Baru: Investor Bisa 'Kuasai' Lahan di IKN Sampai 190 Tahun

"Jadi memang tak biasa konsesi HGU di IKN tersebut. Meskipun begitu, semuanya toh kembali kepada pemerintah karena wewenang pemberian konsesi HGU memang ada di tangan pemerintah," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Ronny mengatakan yang menjadi persoalan adalah apa motivasi pemerintah di balik kebijakan pemberian HGU hingga 190 tahun. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran return of investmentdi IKN yang diperkirakan akan sangat lama karena kawasannya benar-benar dimulai dari nol.

Ia memandang pengusaha dan investor tampaknya baru bisa mendapatkan return of investmentyang optimal jika HGU-nya di atas 100 tahun.

Di sisi lain, IKN sudah terlanjur digadang-gadang sebagai mega proyek yang akan menjadi warisan Presiden Jokowi.

Lihat Juga :
Jokowi Ungkap 3 'Bonus' Bagi PNS yang Mau Pindah ke IKN

"Sehingga untuk tetap membuat pengusaha dan investor tertarik untuk ikut menanam modal di IKN, HGU nya diperpanjang agar IKN menjadi atraktif untuk berinvestasi," katanya.

Pemberian HGU hingga 190 tahun juga ia nilai bisa menguntungkan pemerintah karena akan menarik investor. Namun, kebijakan itu juga bisa membawa kerugian.

Pertama, pemerintah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pendapatan dari perpanjangan konsesi HGU. Kedua, pemerintah semakin lama kehilangan wewenang penuh atas kawasan yang telah dikuasai investor karena waktu HGU-nya terlalu panjang.

"Artinya pemerintah kehilangan kesempatan untuk memonetisasi kawasan tersebut setelah 100 tahun, karena jatah HGU ternyata 190 tahun," kata Ronny.

Lihat Juga :
Revisi UU IKN: Ada Aturan Anyar soal Utang Untuk Proyek Ibu Kota Baru

Kemudian kerugian ketigaadalah investor akan berpeluang mengeksploitasi kawasan IKN untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu yang sangat lama, bahkan bisa tiga generasi.

Ronny pun meragukan pemberian HGU hingga 190 tahun bisa membuat investor ramai-ramai menanamkan modal di IKN. Memang, ada investor yang akan tertarik dengan HGU yang panjang. Namun biasanya mereka akan meminta banyak insentif dan kemudahan regulasi.

"Sementara tak semua investor mencari HGU panjang. Sebagian investor justru menginginkan peluang return of investmentyang cepat dan pasarnya pasti, tidak terlalu dimulai dari nol," katanya.

Sementara itu, Direktur Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira mengatakan pemberian HGU hingga 190 tahun merupakan kebijakan yang berlebihan. Kebijakan itu dinilai bisa membuat pemerintah tidak memiliki kendali terhadap pemanfaatan lahan selama izin HGU diberikan kepada investor.

"Bayangkan saja, mau mengubah tata ruang dan pemanfaatan wilayah saja tunggu siklus yang sangat lama sampai HGU habis," katanya.

Lihat Juga :
Jokowi Sebut Kata 'Bodoh' Karena APBN-APBD Dipakai Beli Produk Impor

Dampak lainnya adalah pemanfaatan lahan IKN yang seharusnya bisa melibatkan masyarakat lokal menjadi terbatas. Hal itu, lanjut Bhima, menjadi kontradiksi dengan upaya reforma agraria karena terjadi konsentrasi aset lahan pada segelintir investor IKN.

Bhima juga meragukan upaya pemberian HGU selama 190 tahun bisa menarik minat investor. Ia justru khawatir investor yang sudah diberikan izin HGU, malah tidak menggarap lahannya. Sehingga yang terjadi hanya sekedar spekulasi properti saja.

Di sisi lain, ia melihat investor bisa saja menganggap IKN merupakan proyek penuh risiko tinggi sehingga HGU-nya sampai 190 tahun.

"Kalau proyeknya menarik secara komersial buat apa ada obral HGU sampai selama itu? Justru waktu proposal IKN ditawarkan ke investor timbul tanda tanya. Berarti HGU 190 tahun artinya, horizon keuntungan investor kan sangat panjang sekali ya. Itu persepsi yang ada di benak investor terutama dari negara maju," katanya.

Lihat Juga :
INFOGRAFIS: Daftar Investor yang Siap Bantu Jokowi Bangun IKN

Bukti Panik Tak Ada Investor Tertarik Masuk IKN

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:homo4d

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
kredivo cirebon
paito bangkok 0130
10 slot gacor
brobet77
erek erek 76 2d
slot yakin maxwin
situs slot 2022 terpercaya
tarikan jp paus sgp new
situs judi slot 777
Daftar isi semua bab
Bab 1 jagoan 69 slot
Bab 2 dewaaduq
Bab 3 slot826
Bab 4 kredit kredivo
Bab 5 mekar pinjaman online
Bab 6 bioskop777 slot
Bab 7 rajabola
Bab 8 joker212
Bab 9 cuan 212 slot
Bab 10 situs slot terbaik dan tergacor
Bab 11 prediksi togel dragon
Bab 12 bunga pinjol adakami
Bab 13 info bo gacor
Bab 14 cara mendapatkan voucher shopee gratis ongkir
Bab 15 jam gacor malam ini
Bab 16 poxy88
Bab 17 buku mimpi 3 angka bergambar lengkap
Bab 18 mustang303 link
Bab 19 rajatoto88 online
Bab 20 rtp naga138
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4045bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Kembali ke tahun 1978

situs slot terbaru dan tergacor
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hingga Kamis (5/10) pagi pukul 09.41 WIB belum juga ke kantor Kementerian Pertanian usai pulang dari 'hilang' di Eropa.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hingga Kamis (5/10) pagi pukul 09.41 WIB belum juga ke kantor Kementerian Pertanian usai pulang dari 'hilang' di Eropa. (CNN Indonesia/Mochammad Ryan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo(SYL) hingga Kamis (5/10) pagi pukul 09.41 WIB belum juga ke kantor Kementerian Pertanianusai dikabarkan 'hilang' beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di kantor kementerian yang berlokasi di Ragunan, Jakarta Selatan itu, suasana sepi.

Sejak pukul 08.30 hingga 08.50 WIB, hanya terlihat pegawai yang lalu-lalang. Selain itu, ada juga pegawai yang datang mengendarai mobil hitam dan masuk ke Gedung A Kementan.

Seorang satpam kementerian yang dikonfirmasi wartawan mengatakan tidak tahu mengenai keberadaan bosnya.

"Tidak tahu, kita tidak dapat info," katanya tanpa mau menyebutkan nama.

Syahrul sempat dikabarkan 'hilang' di Eropa. Hal itu terjadi usai ia diisukan telah ditetapkan KPK menjadi tersangka korupsi penempatan pegawai Kementerian Pertanian.

Informasi 'hilangnya' Syahrul itu disampaikan oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di Komplek Istana Negara, Selasa (3/10) kemarin.

Ia mengatakan belum tahu keberadaan Syahrul hingga Selasa lalu. Kontak terakhir yang dilakukannya dengan Syahrul Yasin Limpo adalah sebelum menteri dari Partai Nasdem itu berangkat ke Eropa beberapa waktu lalu.

Namun sehari setelah kabar itu, Syarul tiba di Tanah Air.

Pihak imigrasi Soekarno-Hatta mengatakan politikus NasDem itu tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (4/10) pukul 18.00 WIB dengan menggunakan pesawat Singapore Airlines (SQ 964).

"Proses pemeriksaan keimigrasian dilakukan pada pukul 18:41 WIB melalui konter WNI bernomor 1," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Muhammad Tito Andrianto kata Tito dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (4/10).

Dari bandara Soetta, Syahrul langsung menuju markas DPP NasDem yang berada di Gondangdia, Jakarta Pusat.

Syahrul saat ini terseret kasus dugaan korupsi di tubuh Kementerian Pertanian. Korupsi terkait masalah penempatan pegawai.

[Gambas:Video CNN]

KPK mengaku telah menemukan tiga klaster terkait dugaan korupsi di lingkungan Kementan. Yang diselidiki saat ini merupakan klaster pertama.

Puluhan pihak terkait telah diklarifikasi dalam proses penyelidikan dugaan kasus korupsi tersebut. Satu di antaranya ialah Syahrul Yasin Limpo.

Berdasarkan informasi hasil gelar perkara yang diterima CNNIndonesia.com, pimpinan KPK menyepakati Yasin Limpo dan dua pejabat Kementan lainnya sebagai tersangka.

Status tersangka itu pun sudah dikonfirmasi Menko Polhukam Mahfud MD

(mrh/agt)

Sistem tentara bayaran di akhir Dinasti Ming

danaslot77
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas bercerita soal kisah di balik pelantikannya sebagai menteri.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas bercerita soal kisah di balik pelantikannya sebagai menteri. (CNN Indonesia/Feby Febrina).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas bercerita soal kisah di balik pelantikannya sebagai menteri. Ia mengaku mendapat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengurusi sederet 'badai' di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Saudara-saudara tahu saya jadi mendag sekitar satu tahun lebih yang lalu (Juni 2022). Kemendag ini mengalami badai yang sampai sekarang sedikit-sedikit kita dukung penuh aparat penegak hukum (APH) untuk menuntaskan beberapa kasus yang banyak," jelasnya usai mengunjungi ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, Rabu (4/10).

"Makanya saya ditunjuk Pak Presiden (Jokowi) jadi mendag kan? Karena ada badai, banyak masalah, terutama minyak goreng yang dalam distribusi sekarang sudah bisa diatasi," imbuh Zulkifli.

Namun, ia berjanji akan terus mendukung APH untuk menuntaskan kasus-kasus hukum di masa lalu tersebut. Zulkifli pun membeberkan sederet cara untuk memberantas praktik kotor di Kemendag.

"Antara lain yang kami perbaiki itu sekarang impor komoditas harus melalui neraca komoditas, jadi tidak di Kemendag lagi, itu perbaikan-perbaikan. Misalnya, diputuskan bersama itu (impor) gula, jagung, dan garam. Jadi, tidak di Kemendag lagi, tapi diputuskan di neraca komoditas dengan ditunjuk nanti siapa yang dapat itu oleh kementerian terkait," beber Zulhas.

"Itu perbaikan-perbaikan yang dilakukan. Pendek kata, kita dukung agar masalah-masalah penegakkan hukum oleh Kejaksaan Agung bisa diselesaikan sehingga nanti (Kemendag) bisa lebih baik... Itu (tersangka dugaan korupsi impor gula) kita serahkan kepada aparat Kejagung, dipersilakan," tutupnya.

Sebelumnya, Kejagung menggeledah Kemendag terkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang impor gula pada Selasa (3/10). Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi menyebut penggeledahan dilakukan penyidik usai resmi menaikkan kasus tersebut ke tahap penyidikan.

Berdasarkan hasil penyidikan, diduga tindak pidana korupsi terjadi di Kemendag pada periode 2015-2023. Kuntadi menyebut penyidik menduga terjadi penyalahgunaan wewenang dalam kebijakan importasi gula terkait pemenuhan stok gula nasional dan stabilisasi harga.

"Kemendag diduga telah secara melawan hukum menerbitkan persetujuan impor gula kristal mentah untuk diolah menjadi kristal gula kepada pihak-pihak yang tidak berwenang. Kemendag juga diduga telah memberikan izin impor melebihi batas kuota maksimal yang dibutuhkan pemerintah," katanya dalam konferensi pers.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Rumah pertanian pastoral dalam perjalanan waktu

mainslot369
Menhub Budi Karya Sumadi menilai integrasi antarmoda yang menudahkan masyarakat mengakses transportasi massal menjadi kunci mengatasi macet dan polusi.
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di acara Hub Space x KAI Expo 2023. (Foto: Detikcom/Samuel Gading)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, gencar melakukan perubahan terhadap moda transportasi umum di Indonesia. Pembangunan yang dicanangkan tidak hanya dari sisi infrastruktur, tetapi juga sistem maupun integrasi antarmoda untuk kemudahan masyarakat.

Langkah itu bertujuan menciptakan budaya baru masyarakat dalam menggunakan angkutan massal. Dengan integrasi antarmoda dari first milehinggalast mile, diharapkan masyarakat semakin mudah dalam mengakses angkutan massal.

"Membangun angkutan massal adalah keniscayaan, karena jika tidak dilakukan kerugiannya mencapai ratusan triliun per tahun akibat kemacetan," ujarnya dikutip dari detikcom, Jumat (6/10).

Budi mengungkapkan tujuan merubah budaya masyarakat untuk mengatasi masalah kemacetan dan polusi udara yang bersumber dari banyaknya pengguna kendaraan pribadi, sehingga dirinya bersama stakeholderterkait membangun berbagai moda transportasi massal seperti BRT, KRL, LRT, MRT, hingga kereta cepat.

"Kita tentu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan kepada kita, karena kita bukan lah apa-apa apabila tidak ada kolaborasi pentahelix," ucap dia.

Di sisi lain, Mantan Menteri Perhubungan, Evert Ernest Mangindaan, turut menyampaikan integrasi transportasi sudah menjadi proyek strategis pemerintah sejak 50 tahun lalu.

"Dibuat merata secara bertahap saja, karena dipaksakan nanti terbengkalai sebagainya, prosesnya. Ini sudah dikatakan, sebenarnya program strategis sejak 50 tahun lalu. Ini diterjemahkan perhubungan itu, secara bertahap kita atasi semua dalam rangkainterconnectedkonektivitas," tuturnya

Sementara itu, Mantan Menteri Perhubungan, Agum Gumelar, menyebut transportasi massal seperti halnya LRT memberikan dampak positif kepada masyarakat terutama di perkotaan karena meminimalisir polusi dan kemacetan.

"LRT juga membanggakan, itu produk dalam negeri dan LRT juga memberikan sumbangsih yang besar terhadap sistem transportasi, mengurangi dampak-dampak tidak baik seperti polusi, kemudian macet lah. Itu kan sudah bisa teratasi walaupun belum sepenuhnya terselesaikan," kata Agum.

Diharapkan integrasi antarmoda dapat berjalan dengan baik dan dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan angkutan massal. Hal ini akan berdampak pada berkurangnya kemacetan dan polusi udara di Indonesia.

(rir/rir)

evolusi pasang surut

slot demo jili
Mendag Zulkifli Hasan mengatakan Kemendag memang sudah terkena badai sebelum ia ditunjuk jadi menteri. Itu ia sampaikan usai Kemendag digeledah Kejagung.
Mendag Zulkifli Hasan mengatakan Kemendag memang sudah terkena badai sebelum ia ditunjuk jadi menteri. Itu ia sampaikan usai Kemendag digeledah Kejagung. (CNN Indonesia/ Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas buka suara usai Kejaksaan Agungmenggeledah Kementerian Perdagangan untuk menyelidiki dugaan korupsi impor gula.

Zulhas mengatakan Kementerian Perdagangan memang sudah dilanda masalah saat dia ditunjuk Jokowi memimpin kementerian tersebut.

"Kemendag itu kan memang saya masuk badai yang sampai sekarang belum kelar," katanya di Istana Kepresidenan, Selasa (3/10).

Ia mengatakan saat ini masalah yang melanda Kemendag saat ini belum selesai, dan berharap ke depan masalah tersebut bisa terselesaikan.

"Jadi badai itu masih ada sampai sekarang, sisanya mudah-mudahan bisa diselesaikan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto mendukung proses hukum yang dijalankan oleh Kejaksaan Agung.

"Kejaksaan Agung datang untuk mendapatkan tambahan data guna melengkapi informasi yang diperlukan dalam kasus yang sedang diselidiki. Tentunya, kami menerima dengan baik," tegas Suhanto di Jakarta.

Suhanto menegaskan pada prinsipnya, Kementerian Perdagangan menghormati upaya penegakan hukum dan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum.

"Kemendag berkomitmen untuk membantu penegak hukum dan bersikap proaktif dalam proses penegakan hukum ini," ungkap Suhanto.

Selanjutnya, semua proses penegakan hukum akan diserahkan kepada Kejaksaan Agung. Kementerian Perdagangan siap membantu jalannya proses penegakan hukum.

[Gambas:Video CNN]

Kejagung menggeledah Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang impor gula, Selasa (3/10) kemarin.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan penggeledahan dilakukan penyidik usai resmi menaikkan kasus tersebut ke tahap penyidikan.

"Terkait tindakan penyidikan impor hari ini dilakukan penggeledahan di Kemendag dan di PT PPI. Hasilnya mari ditunggu," ujarnya dalam konferensi pers.

Kuntadi mengatakan dari hasil penyidikan, diduga tindak pidana korupsi itu terjadi di Kemendag dalam periode 2015-2023. Penyidik, kata dia, menduga terjadi penyalahgunaan wewenang dalam kebijakan importasi gula terkait pemenuhan stok gula nasional dan stabilisasi harga.

"Kemendag diduga telah secara melawan hukum menerbitkan persetujuan impor gula kristal mentah untuk diolah menjadi kristal gula kepada pihak-pihak yang tidak berwenang," tuturnya.

"Kemendag juga diduga telah memberikan izin impor melebihi batas kuota maksimal yang dibutuhkan pemerintah," imbuhnya.

Lihat Juga :
Kronologi Mentan 'Hilang' Usai Diisukan Jadi Tersangka Korupsi
(dhf/fby)

Dunia pedang pertama

blibli kredit
Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia memaparkan sejumlah strategi dalam memancing minat masyarakat beralih ke kendaraan listrik.
Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia memaparkan sejumlah strategi dalam memancing minat masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri SepedaMotor ListrikIndonesia (Aismoli) Hanggoro Ananta memaparkan sejumlah strategi dalam memancing minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik.

Hanggoro menilai minat masyarakat masih terhitung minim dalam memanfaatkan program subsidi pembelian kendaraan listrik yang disediakan pemerintah.

Beberapa faktor yang melatarbelakangi hal tersebut termasuk sejumlah masyarakat masih enggan menyisihkan cukup banyak uang untuk membeli kendaraan listrik kendati mendapatkan bantuan dana.

Maka itu, ia mengungkap bahwa asosiasinya sedang mencari formulasi untuk mendekati harga kendaraan listrik yang diinginkan oleh masyarakat.

Pertama,Hanggoro mengungkap bahwa pihaknya sedang mencoba untuk menggandeng beberapa lembaga pembiayaan.

"Kita mengimbau lembaga pembiayaan dari perbankan baik milik swasta maupun BUMN untuk turut serta untuk menyukseskan ini dengan cara, ya membiayai," lanjut dia.

Lihat Juga :
Mendag Zulhas Janji Bantu TikTok Bikin E-Commerce

Hal ini dikarenakan menurutnya, sekitar 80-90 persen penjualan kendaraan listrik ditopang oleh pembiayaan eksternal daripada pembiayaan pribadi.

"Banyak sekali kekhawatiran masyarakat yang disampaikan. Salah satunya itu. Kita coba untuk cari formula bagaimana cara kita untuk memperkecil gap itu, sehingga nantinya masyarakat lambat laun mau berpindah," jelas Hanggoro.

Kedua,Hanggoro juga tengah menggali masalah sosialisasi mengenai program subsidi ini. Ia juga telah berdiskusi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengenai hal itu.

Menurut dia, masyarakat masih kurang tersosialisasikan terhadap program bantuan subsidi ini dan juga terhadap kendaraan listrik itu sendiri.

"Ini kita kemarin juga diskusi bagaimana cari formulasinya nantinya, bagaimana cara memberikan sosialisasi yang cukup efektif untuk masyarakat," ungkapnya.

Pemerintah telah merilis kebijakan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik. Ketentuan ini demi meningkatkan jumlah pengguna kendaraan listrik di Indonesia.

Skema bantuan pembelian motor listrik yang diterapkan sejak 20 Maret, sementara untuk mobil listrik mulai berjalan pada 1 April.

Namun, implementasi program subsidi pembelian motor listrik senilai Rp7 juta per penerima dilaporkan belum berjalan mulus di lapangan meski kriteria penerima telah disederhanakan dan diperluas.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

Pacar hantuku

pinjol yang aman dan legal
Mendag Zulkifli Hasan mengatakan Kemendag memang sudah terkena badai sebelum ia ditunjuk jadi menteri. Itu ia sampaikan usai Kemendag digeledah Kejagung.
Mendag Zulkifli Hasan mengatakan Kemendag memang sudah terkena badai sebelum ia ditunjuk jadi menteri. Itu ia sampaikan usai Kemendag digeledah Kejagung. (CNN Indonesia/ Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas buka suara usai Kejaksaan Agungmenggeledah Kementerian Perdagangan untuk menyelidiki dugaan korupsi impor gula.

Zulhas mengatakan Kementerian Perdagangan memang sudah dilanda masalah saat dia ditunjuk Jokowi memimpin kementerian tersebut.

"Kemendag itu kan memang saya masuk badai yang sampai sekarang belum kelar," katanya di Istana Kepresidenan, Selasa (3/10).

Ia mengatakan saat ini masalah yang melanda Kemendag saat ini belum selesai, dan berharap ke depan masalah tersebut bisa terselesaikan.

"Jadi badai itu masih ada sampai sekarang, sisanya mudah-mudahan bisa diselesaikan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto mendukung proses hukum yang dijalankan oleh Kejaksaan Agung.

"Kejaksaan Agung datang untuk mendapatkan tambahan data guna melengkapi informasi yang diperlukan dalam kasus yang sedang diselidiki. Tentunya, kami menerima dengan baik," tegas Suhanto di Jakarta.

Suhanto menegaskan pada prinsipnya, Kementerian Perdagangan menghormati upaya penegakan hukum dan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum.

"Kemendag berkomitmen untuk membantu penegak hukum dan bersikap proaktif dalam proses penegakan hukum ini," ungkap Suhanto.

Selanjutnya, semua proses penegakan hukum akan diserahkan kepada Kejaksaan Agung. Kementerian Perdagangan siap membantu jalannya proses penegakan hukum.

[Gambas:Video CNN]

Kejagung menggeledah Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang impor gula, Selasa (3/10) kemarin.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan penggeledahan dilakukan penyidik usai resmi menaikkan kasus tersebut ke tahap penyidikan.

"Terkait tindakan penyidikan impor hari ini dilakukan penggeledahan di Kemendag dan di PT PPI. Hasilnya mari ditunggu," ujarnya dalam konferensi pers.

Kuntadi mengatakan dari hasil penyidikan, diduga tindak pidana korupsi itu terjadi di Kemendag dalam periode 2015-2023. Penyidik, kata dia, menduga terjadi penyalahgunaan wewenang dalam kebijakan importasi gula terkait pemenuhan stok gula nasional dan stabilisasi harga.

"Kemendag diduga telah secara melawan hukum menerbitkan persetujuan impor gula kristal mentah untuk diolah menjadi kristal gula kepada pihak-pihak yang tidak berwenang," tuturnya.

"Kemendag juga diduga telah memberikan izin impor melebihi batas kuota maksimal yang dibutuhkan pemerintah," imbuhnya.

Lihat Juga :
Kronologi Mentan 'Hilang' Usai Diisukan Jadi Tersangka Korupsi
(dhf/fby)